11 tips cara menghindari akun facebook dari hacking

Hmm... Iseng bikin postingan "11 tips cara menghindari akun facebook dari hacking" gara-gara kmaren ada salah satu teman saya yang akun facebook-nya diambil alih oleh oknum yang tidak bertanggung jawab dan dijadikan alat promosi bisnisnya. Sampai-sampai tadi pas kuliah diceng-cengin sama teman-teman dan dosen. Gimana gak di ceng-cengin wong promosinya di semua group. Baik itu group bersifat umum, rahasia maupun sangat rahasia. Sangat rahasia? Sstt... Siapa tau dia salah satu agen FBI! (#Beuhh...)

Sebenarnya sekarang sudah marak-maraknya jasa jual beli akun. Rata-rata sih mereka memanfaatkan akun tersebut untuk keperluan bisnis online mereka dan tak jarang juga ada yang memanfaatkan akun tersebut untuk memperlancar aksi penipuan mereka! (#Kejam amet....)

Nahh tapi tenang aja, sebenarnya facebook itu susah buat di hack kok sob. Trus kok banyak akun orang yang bisa di hack? Hmm... Sebenarnya itu karena kecerobohan si pemilik akun-nya sendiri. Mungkin password mereka terlalu gampang buat ditebak, sering membuka link sembarangan, lupa logout di komputer milik umum dan lain sebagainya.

Biar lebih singkat dan jelas akan saya rangkum menjadi 11 tips yang akan saya jelaskan dibawah :

1. Jangan gunakan password yang menyangkut tanggal ataupun nama anda.
Setelah saya survey, kebanyakan akun yang paling mudah diambil alih itu akun cewe (kalau kata orang sih di hack). Lho kok bisa? Yaa gimana gak gampang, wong kebanyakan password-nya tanggal lahir mereka atau kalau gak tanggal jadian mereka. Hehe, saya iseng juga ya :p

2. Buat password yang susah ditebak.
Satu lagi alasan kenapa akun cewe itu yang paling gampang diambil alih, karena password mereka itu mudah ditebak. Misalnya : imoet, cakep, cantik dan lain sebagainya. Jadi dengan modal tebak-tebakan aja itu akun langsung bisa diambil alih. Nahh kalau bisa password kita itu gabungan dari kata dan huruf supaya lebih susah buat ditebak. Misal : 4kuc4k3p, cuc0kr0w0 dan lain sebagainya. Tapi tetep.... Bikin passwordnya yang gampang buat kita ingat. 

3. Jangan pernah menggunakan password yang sama dengan password email anda.
Nah ini yang penting sob! Fungsinya kalau akun facebook kita diambil alih, kita bisa mereset password tersebut dari email ini. Kalau password akun facebook kita == email dan ternyata 22nya udah diganti sama pelaku. Yasudah, jangan harap akun facebook anda tersebut akan gampang buat diambil alih lagi.

4. Jangan pernah membuka email/url yang tidak jelas.
Jadi membuka email/url juga harus hati-hati sob. Teknik ini biasa disebut phising, jadi nanti kita akan diarahkan ke fake login dimana kita disuruh memasukkan email dan password login kita. Nahh yang parahnya antar mukanya persis sama seperti mau login ke facebook biasanya. Jadi kita harus hati-hati dan jeli sewaktu mau login ke jejaring sosial yang kita punya. 

5. Gunakan banyak email untuk akun facebook anda.
Ini fungsinya untuk jaga-jaga sob. Kalau ternyata email yang satu diambil alih, kan kita masih punya email yang lainnya untuk mereset password akun kita tersebut.

6. Sembunyikan alamat email melalui profil facebook.
Nah email kita di private aja sob, jangan di public! Kan facebook menggunakan email untuk validasi login kita. Kalau email kita terpampang kan orang bisa lebih leluasa untuk menebak-nebak password akun kita.

7. Ganti email facebook secara berkala.
Buat jaga-jaga sob, siapa tau ada teman kita yang iseng buka-buka laptop dan nemu password facebook yang kita simpan di browser. Tapi harus hati-hati juga, jangan sampai karena kebanyakan gonta-ganti password ehh malah kita-nya yang lupa passwordnya.

8. Login facebook dengan menggunakan https://facebook.com jangan http://facebook.com
Setidaknya dengan login menggunakan https:// password kita akan "sedikit" lebih aman dibandingkan login dengan menggunakan http://.  

9. Hati-hati dengan koneksi Wi-Fi internet anda.
Jangan login facebook dengan menggunakan koneksi WEP! Karena koneksi yang dienkripsi dengan WEP itu lebih mudah disusupi. Katanya sih maksimal 10 menit sudah langsung bisa disusupi.

10. Hati-hati dengan widget atau game facebook yang dibuat oleh pihak ketiga.
Hati-hati dengan permainan-permainan / widget yang dibuat oleh pihak ketiga yang memungkinkan para programmer widget untuk mengakses informasi sensitif atau menginstall spyware di komputer target. Jadi kita juga harus teliti sob, jangan sampai karena iseng ehh akun kita diambil alih deh!

11. Jangan lupa logout akun kita!
Nahh yang paling penting, jangan sampai lupa logout akun kita kalau kita sedang mengakses dari komputer milik umum. Atau hapus history dari browser dengan menekan Ctrl+Shift+Del pada keyboard.

Udahan dulu ya sob, semoga bermanfaat ^^.

No comments:

Post a Comment

hy agan&sista,terima kasih telah membaca postingan saya,saya harap agan2&sista memenuhi peraturan dibawah ini

1.terima kasih telah membuka kotak komentar
2.komen agan&sista adalah penyemangat saya dlm men-update postingan
3.saya mohon jgn nge-SPAM,link hidup(LIVE LINK)
4.saya harap komen agan sgt revelan/nyambung dengan postingan
5.dan saya minta maaf karna dihilangkannya openid dan url karna link external terlalu byk
6.1x terima kasih udah komen di blog saya

terima kasih