Melindungi Komputer Dari Lonjakan Listrik

Sangat penting untuk melindungi komputer dari lonjakan listrik terutama untuk wilayah dengan tegangan listrik PLN yang sering mengalami fluktuasi. Komputer termasuk perangkat elektronika yang sangat peka terhadap perubahan arus listrik. Tegangan AC yang tidak stabil akan menyebabkan kerusakan pada hardware komputer, serta mengakibatkan tidak optimalnya kinerja dari rangkain elektronika yang ada didalamnya.

Lalu bagaimana cara melindungi komputer dari lonjakan tegangan listrik? Terjadinya lonjakan listrik yang tidak stabil akan menyebabkan beberapa efek buruk untuk perangkat elektronika. Tidak hanya komputer, perangkat lain seperti televisi, kuskas, dll juga akan mengalami masalah apabila mendapat supply tegangan listrik yang tidak stabil.

Untuk memastikan instalasi listrik didalam rumah sempurna, pastikan mempergunakan jenis kabel yang sudah memenuhi standar. Sering karena ingin menghemat biaya kita membeli kabel listrik dengan ukuran maupun bahan tidak sesuai standar sehingga hal itu justru akan berbahaya untuk pemakaian kedepannya. Jangan lupa untuk memperhatikan pula sistem grounding dirumah anda, apakah sistem ground sudah betul? Hal ini penting untuk mengantisipasi jika terjadi hubungan singkat listrik atau ada kilatan halilintar maka otomatis tegangan akan di netralkan ketanah.

Sementara untuk melindungi perangkat komputer dari tegangan listrik yang naik-turun, anda bisa menambahkan stabilizer tegangan atau sering juga disebut stavolt. Stabilizer sangat penting untuk memastikan tegangan output yang mensupply komputer anda dalam keadaan 'bersih' dan stabil.

Ada dua jenis stabilizer, yaitu stabilizer yang hanya mampu menstabilkan tegangan saja, dan stabilizer yang sekaligus dapat menyimpan tegangan alternatif. Stabilizer yang mampu menyimpan tegangan ini disebut juga dengan UPS (Uninterruptible Power Supply), harga dari stabilizer jenis ini lebih mahal jika dibandingkan dengan yang biasa.

Untuk memastikan komputer anda tetap aman dari perubahan tegangan listrik PLN, disarankan menggunakan UPS karena selain menstabilkan tegangan, UPS mampu memberikan supply tegangan cadangan pada saat listrik PLN mati secara tiba-tiba. Jadi meskipun listrik mati, anda tidak perlu khawatir akan kehilangan data-data yang belum sempat anda simpan dan juga dapat mematikan komputer melalui prosedur yang benar.

No comments:

Post a Comment

hy agan&sista,terima kasih telah membaca postingan saya,saya harap agan2&sista memenuhi peraturan dibawah ini

1.terima kasih telah membuka kotak komentar
2.komen agan&sista adalah penyemangat saya dlm men-update postingan
3.saya mohon jgn nge-SPAM,link hidup(LIVE LINK)
4.saya harap komen agan sgt revelan/nyambung dengan postingan
5.dan saya minta maaf karna dihilangkannya openid dan url karna link external terlalu byk
6.1x terima kasih udah komen di blog saya

terima kasih