Memperbesar Quota Bandwidth di Warnet

Pada dasarnya kebanyakan warnet untuk setiap clientnya pasti sudah dibatasi porsi bandwidthnya, bagaimana caranya?? ya secara tehnis, menggunakan nomor ip yang ada di setiap masing – masing client. Coba sekarang kita asumsikan kalau di sebuah warnet ada 10 client, sebagai contoh nomor ip addressnya adalah :


192.168.10.1 untuk kompi no 1 sampai dengan 192.168.10.10 untuk kompi nomer 10.

Otomatis untuk kompi yang berada di range ip address tersebut akan mendapatkan jatah bandwidth sesuai yang sudah di set dari server operatornya, misalnya 1 Mbps untuk masing – masing client. Sehingga walaupun kita mau pakai program download accelerator apapun pasti tidak akan bisa melebihi kecepatan yang sudah ditentukan oleh server, yaitu 1 Mbps atau sama dengan kira-kira 128 KBps, karena 1 Byte adalah 8 bit.

Nah sekarang pertanyaanya adalah bagaimana caranya agar kita bisa mendapatkan porsi bandwidth lebih besar dari yang sudah ditentukan? Apakah bisa? Tentu tidak ada yang tidak mungin di dunia ini. Jawabanya adalah bisa.

Teorinya begini. Yang dibatasi oleh server warnet adalah kompi dengan range ip address tertentu, dalam contoh diatas adalah 192.168.10.1 sampai 192.168.10.10, berarti jumlah kompi di warnet tersebut adalah 10. Bagaimana dengan nomor ip address diluar range ip tersebut, misalnya ip 192.168.10.15 ??? karena nomor ip address maksimal untuk jaringan tersebut adalah 192.168.10.254. dan ternyata tidak semua warnet memperhatikan hal ini. Dari beberapa wanet yang saya coba, setelah saya mengganti nomor ip address kompi yang saya pakai agar menjadi tidak berada pada range ip tersebut ternyata saya mendapatkan bandwidth yang tidak dibatasi ( mendapatkan bandwidth maksimal ). Jauh sekali perbedaan kecepatan downloadnya saat sebelum dan sesudah ip address pc yang saya pakai diganti.


SEBELUM

SESUDAH

Oke, dari teori yang sudah saya jelaskan diatas yang perlu diperhatikan adalah :
1. Kita harus mengetahui berapa banyak kompi yang berada di warnet tersebut.
2. Kita bisa melihat dan mengganti nomor ip address pc yang sedang kita pakai.
3. Jumlah kompi di warnet akan menunjukkan range ip yang digunakan.
4. Misalkan jumlah kompi diwarnet ada 15 dan nomor ip address kompi yang kita pakai adalah 192.168.20.4. Nomor ip yang diganti adalah angka yang berada setelah tanda titik (.) terakhir. Contoh ( 192.168.20.4 menjadi 192.168.20.16). bagaiman jika jumlah kompinya 30, ya tinggal kita ganti angka 4 menjadi lebih besar dari 30 asal tidak lebih dari 254, misal 32, 36, 40 atau berapapun.
5. Tips ini hanya bisa dilakuakan di warnet yang management jaringanya kurang baik.
6. Jika setelah mengganti ip tapi malah kompi kita tidak bisa mengakses internet, ya tinggal kita ganti seperti semula, karena berarti warnet tersebut telah membatasi untuk penggunaan nomor ip addressnya.

CARA MENGGANTI IP ADDRESS
1. Double klick pada ikon komputer di system tray di taskbar.
2. Klick Properties
3. Pada tab General pilih Internet Protocol ( TCP/IP )
4. Klick Properties
5. Kemudian ganti ip addressnya.
6. Klick OK.

4 comments:

Post a Comment

hy agan&sista,terima kasih telah membaca postingan saya,saya harap agan2&sista memenuhi peraturan dibawah ini

1.terima kasih telah membuka kotak komentar
2.komen agan&sista adalah penyemangat saya dlm men-update postingan
3.saya mohon jgn nge-SPAM,link hidup(LIVE LINK)
4.saya harap komen agan sgt revelan/nyambung dengan postingan
5.dan saya minta maaf karna dihilangkannya openid dan url karna link external terlalu byk
6.1x terima kasih udah komen di blog saya

terima kasih