inilah pernyataan pihak smartfreen tentang leletnya jaringannya

zaidan-siang sob,lg ngapain neh,sambil nyante2 enaknya mutar2 blog ini,kalian akan diberitahukan berbgai macam artikel,tentu dalam mutar2 blog ini kalian harus mempunyai jaringan internet,saya lihat beberapa temen saya yg pake smartfreen,selalu marah2 karna jaringan yg lelet dan susah konek,nah berikut saya dpt beberapa keterangan dari smartfren

Chief Technology Officer Smartfren Merza Fachys, menyampaikan permintaan maaf kepada pelanggan internet yang komplain melalui pusat layanan telepon maupun jejaring sosial internet. "Kita harap pelanggan bisa memaafkan, karena ini semua adalah malapetaka, kecelakaan," ujarnya saat dihubungi KompasTekno, Selasa (26/3/2013).

Merza menjelaskan, kabel bawah laut yang dipakai Smartfren itu putus pada Jumat, 15 Maret lalu, karena terkena jangkar kapal. Saat itu, Smartfren masih dapat melayani internet, karena perusahaan memiliki cadangan jaringan dari jalur darat Trans Sumatera, di bagian barat dan timur.

Tapi, sekitar tiga jam setelah kabel bawah laut putus, jalur barat Trans Sumatera juga terputus akibat tanah longsor di sekitar Palembang. Berarti, Smartfren hanya mengandalkan cadangan dari jalur timur.

Nah, jalur timur itu kemudian putus keesokan harinya. "Rute utama mati, lalu kita pakai rute cadangan. Tapi sialnya, rute cadangan juga putus. Jadi jaringan internet berjalan dengan kapasitas 10 sampai 20 persen," jelas Merza.

Akibatnya, pelanggan tidak mendapatkan bandwidth internet. Meski demikian, lanjut Merza, layanan seluler telepon, SMS, dan BlackBerry Messenger dari Smartfren, masih berjalan baik.

"Internet lokal tidak ada masalah. Yang sulit adalah mengakses website luar," tuturnya.

Menyewa jaringan pihak ketiga, tapi putus juga

Pada Senin, 18 Maret 2013, Smartfren mengambil langkah untuk menyewa jaringan kabel bawah laut dari pihak ketiga, yakni Matrix Submarine. Aksi sewa jaringan ke pihak ketiga ini bisa menolong kapasitas yang hilang sehingga bisa melayani pelanggan internet.

Tetapi pada Jumat, 22 Maret 2013, kabel bawah laut pihak ketiga itu terputus juga. Mau tak mau, Smartfren harus menyewa lagi jaringan bawah laut pihak ketiga lainnya.

"Hari ini kita harapkan dapat jaringan dari pihak ketiga yang lain," Merza berharap. Meskipun, sewa jaringan pihak ketiga yang sekarang mungkin tak bisa mengembalikan kapasitas seperti kondisi normal.

Operator seluler yang mengusung teknologi CDMA ini berharap kabel bawah laut serta jalur darat Trans Sumatera, bisa segera diperbaiki dan beroperasi lagi. Smartfren memiliki jumlah pelanggan mencapai 11,5 juta per Januari 2013, dengan 6,5 juta pelanggan seluler dan 5 juta pelanggan layanan data (internet).


nah semoga kalian kalian bisa bersabar dlm menunggu proses nya,semoga kabar ini dpt mengatasi kebinggugan kalian,
terima kasih
sumber

6 comments:

Dik Ela said...

masuk akal juga. tapi, kegagalan koneksi ini menyeluruh gan. bisa jadi, banyak orang pindah ke lain ISP.

Adhi Blogz said...

o.. gitu yah...
Mksh infonya yah...

zaidan Xzanderz said...

mungkin gan,,makasih udah komen

Ryano Azumi Kunnichiwa Kunnichiwa said...

Bener banget tuh, smartfren gue ga bisa buka situs sama sekali.. :(
thx bro info'a

lucu unik aneh said...

mas, boleh minta tempaltenya gak?

zaidan Xzanderz said...

sorry mas ng bisa ^_^

Post a Comment

hy agan&sista,terima kasih telah membaca postingan saya,saya harap agan2&sista memenuhi peraturan dibawah ini

1.terima kasih telah membuka kotak komentar
2.komen agan&sista adalah penyemangat saya dlm men-update postingan
3.saya mohon jgn nge-SPAM,link hidup(LIVE LINK)
4.saya harap komen agan sgt revelan/nyambung dengan postingan
5.dan saya minta maaf karna dihilangkannya openid dan url karna link external terlalu byk
6.1x terima kasih udah komen di blog saya

terima kasih