Cara Membedakan BlackBerry Asli dan Palsu

Cara Membedakan BlackBerry Asli dan Palsu

 Ponsel BlackBerry sampai saat ini memang masih sangat diminati di Indonesia. Apalagi BlackBerry juga belum lama mengeluarkan produk terbaru mereka yaitu BlackBerry Z10 dan Q10 yang dilengkapi dengan fitur-fitur yang lebih menarik daripada sebelumnya. Popularitas BlackBerry yang sangat tinggi ternyata dimanfaatkan oleh beberapa oknum tidak bertanggung jawab yang menjual BlackBerry palsu, khususnya BlackBerry seri terbaru, termasuk BlackBerry Z10.

Bagi pembeli yang masih awam, mereka tentu hanya tahu bahwa mereka telah membeli ponsel BlackBerry dan tidak pernah memperhatikan kalau ternyata ada produk palsu yang beredar di pasaran. Hal ini tentu akan sangat merugikan para pengguna karena sama saja mereka telah ditipu. Oleh sebab itu, untuk membantu Anda agar tidak tertipu saat membeli ponsel BlackBerry, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membedakan antara BlackBerry asli dengan yang palsu:
  • Logo dan Box BlackBerry
Anda dapat memeriksa stiker identitas handheld dan stiker hak paten, apakah ada atau tidak. Jika tidak ada, bisa dikatakan bahwa ponsel BlackBerry tersebut palsu. Perlu diketahui bahwa BlackBerry BM (Black Market) bukan BlackBerry palsu.

Jika melihat pada dus boxnya, BlackBerry resmi memiliki sablon yang halus. Selain itu ada pula notifikasi atau hak paten dalam berbagai bahasa di sisi kanan. Dusnya berwarna hitam serta tidak ada ikon BB. Tulisan yang ada juga hanya tulisan ‘BlackBerry’ pada bagian atasnya.
  • Harga
Sebenarnya membedakan BlackBerry asli dan palsu bisa dengan mudah diketahui dari harganya. Harga BlackBerry palsu cenderung lebih murah daripada harga BlackBerry asli karena pihak pembuat ingin agar produk palsu tersebut laris dipasaran dengan harapan para konsumen mengira itu adalah BlackBerry asli.

Misalkan pada harga BlackBerry Z10 asli tentu jauh lebih mahal dan dijual tidak di sembarang tempat. Jika Anda ingin membeli BlackBerry pilihlah penjual yang memiliki reputasi bagus karena BlackBerry palsu cenderung dijual oleh toko-toko yang kurang ternama dan tidak jelas.
  • Garansi
Produk BlackBerry asli akan selalu datang dengan garansi resmi yang menjamin produk tersebut dalam jangka waktu tertentu. Sementara itu, produk palsu biasanya tidak berani memberikan masa garansi. Kalaupun ada garansi, garansi tersebut mungkin hanya satu bulan atau satu minggu. Padahal garansi resmi untuk produk BlackBerry adalah 1 tahun.
  • Logo
BlackBerry resmi tidak memiliki logo di bagian bodi dan welcome screen serta internet browsernya, kecuali untuk produk BlackBerry keluaran dari Axis dan Indosat.

Untuk produk palsu, logo pada bodi dan welcome screen serta internet browsernya tidak sesuai dengan yang ada di dus misalnya saja di BlackBerry pada saat welcome screen muncul tulisan T-Mobile namun dusnya polos bukan keluaran T-Mobile.
  • Pin dan Nomor IMEI

 Pada ponsel BlackBerry asli, nomor PINnya tetap ata tidak akan di suspend. Saat di cek pada numbering plans, IMEI sesuai dengan device. Namun, ada pula beberapa BlackBerry ternetu yang belum tercatat dalam database numbering plans sehingga muncul konfirmasi yang mengatakan bahwa nomor IMEI tersebut mungkin benar tetapi tidak mungkin untuk dikonfirmasi.

Sementara itu, untuk BlackBerry palsu nomor pinnya bisa berubah-ubah. Nomor IMEI saat di cek juga kadang tidak sesuai dengan yang ada di handset.
  • Lifetime BlackBerry
Cek status lifetime smartphone BlackBerry pada menu options dan status. Kemudian isikan ‘BYUR’ Jika BlackBerry yang Anda beli masih baru maka status data lifetimenya adalah nol. Sedangkan untuk BlackBerry palsu, mungkin angkanya bisa bermacam-macam atau mungkin cara ini justru tidak berfungsi.
  • Baterai
 BlackBerry yang palsu tentu juga akan datang dengan baterai yang palsu. Baterai BlackBerry asli mempunyai serial number yang terdiri dari batch/lot kode produksi dan serial number produksi. Selain itu, baterai yang asli juga biasanya lebih awet daripada baterai palsu.

Ingat, jika membeli BlackBerry Z10 atau BlackBerry  Q10, selalu periksa keasliannya dan membeli dari penjual yang memiliki reputasi bagus.
Semoga informasi-informasi diatas dapat membantu Anda supaya lebih berhati-hati sewaktu memilih membeli ponsel BlackBerry.

Jika Anda suka dengan artikel ini, silakan di klik suka (like) atau berikan komentar Anda di kotak komentar yang tersedia. Saya ucapan terima kasih atas kunjungan, kritik atau sarannya.

Penulis: Nina Lia (http://ninokikira.wordpress.com/)

7 comments:

Nandar Sunandar said...

wah makasih gan :) saya sangat ingin membeli hp BB, jadi makasih buat infonya.. berguna bgt..

Febrianto Putra said...

Wah terimakasih gan... saya sampai takut hape saya yang bb asli apa nggak... hhehehe :)
http://center60.blogspot.com/

infosaja.com said...

Buat yang mau beli BB tips ini mesti dibaca biar mudah membedakan mana BB yang asli atau tidaknya.

jakarta-cyber4art-blog-yang-berisi.html said...

sepp sob,,makasih rekomennya :D

PAK KARYONO DI SUMATRA said...
This comment has been removed by a blog administrator.
mujahidalhaq said...

Okeh makasih gan ilmunya buat bedain Blackberry

Ajie Wicaksono said...

wkwkwk kalo bb asli tuh ada pake gsm kalo bb palsu tuh pake cdma (buatan bakrie ) wkwk

Post a Comment

hy agan&sista,terima kasih telah membaca postingan saya,saya harap agan2&sista memenuhi peraturan dibawah ini

1.terima kasih telah membuka kotak komentar
2.komen agan&sista adalah penyemangat saya dlm men-update postingan
3.saya mohon jgn nge-SPAM,link hidup(LIVE LINK)
4.saya harap komen agan sgt revelan/nyambung dengan postingan
5.dan saya minta maaf karna dihilangkannya openid dan url karna link external terlalu byk
6.1x terima kasih udah komen di blog saya

terima kasih